Saturday, April 12, 2014

Tutorial Cara Memperbaiki Android Yang Boot Loop Atau Reset Ulang




Tutorial Cara Memperbaiki Android Yang Boot Loop Atau Reset Ulang,Kali ini Lare Tanahbaya akan share tentang Tutorial Cara Memperbaiki Android Yang Boot Loop Atau Reset Ulang, Cukup banyak pengguna handphone Android dari segala jenis dan merk, dalam penggunaannya pastinya juga terdapat kesalahan dalam mengoprek handphone Android yang terkadang jadi kesalahan fatal yang memicu si robot ijo tidak mau start, boot loop, lupa password atau salah memasukkan pola (pattern) kunci, maka pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan Factory Reset Android melalui Recovery Mode.

Apa itu Factory Reset Android?
Factory Reset adalah suatu cara untuk mengembalikan software handphone/tablet Android ke kondisi seperti baru keluar dari pabrik. Factory Reset pada umumnya dapat menyelesaikan hampir semua masalah yang disebabkan oleh kerusakan software. *Sebagai catatan, proses factory reset akan menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal handphone/tablet Android.

Pada umumnya Factory Reset dapat dilakukan melalui menu Settings (Pengaturan) → Privacy → Factory Data Reset. Namun bila kondisi handphonenya tidak mau start atau tidak mau masuk ke menu, maka untuk melakukan Factory Reset, harus melalui Recovery Mode.

Apa itu Recovery Mode Android?
Recovery Mode Android pada dasarnya adalah suatu menu Android yang berguna untuk recovery atau memperbaiki kerusakan software Android. Pada beberapa tipe handphone, upgrade software dapat juga dilakukan langsung melalui Recovery Mode. Tidak semua handphone/tablet Android memiliki recovery mode, namun pada beberapa tipe Android, hal ini dapat diatasi dengan menginstall recovery mode buatan pihak ketiga, misalnya ClockwordMod Recovery.

Recovery Mode akan sangat berguna bila Anda mengalami hal-hal sebagai berikut:
Bila handphone Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
Bila handphone Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu.
Bila Anda lupa password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.
Untuk melakukan Factory Reset via Recovery Mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut. Namun sebelumnya, Do With Your Own Risk (DWYOR) atau Resiko Ditanggung Sendiri.

Berikut Cara Melakukan Factory Reset Android:

Tahap 1: Masuk ke Recovery Mode
Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, Anda harus mematikan dulu handphone/tabletnya → tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) → Anda akan masuk ke dalam Recovery Mode.
Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe handphone dengan tipe lainnya.
Recovery Mode tampilannya hanya berupa tulisan. Dan didalam recovery mode,  pada umumnya Anda tidak dapat menggunakan layar sentuhnya, jadi untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone).

Berikut contoh gambaran recovery mode Android :
Tutorial Cara Memperbaiki Android Yang Boot Loop Atau Reset Ulang


Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur “Wipe Data / Factory Reset” setelah itu restart handphone Anda.


Agar Anda tidak bingung, berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young:

  • Pastikan baterai masih cukup banyak (minimal 70%).
  • Matikan handphone.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik. Anda akan masuk ke recovery mode Android.
  • Dengan menggunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “wipe data / factory reset”
  • Tekan tombol HOME untuk memulai proses > harap sabar saat proses berlangsung
  • Restart handphone.

Tutorial Cara Memperbaiki Android Yang Boot Loop Atau Reset Ulang. Jadi, bila Anda mengalami boot loop pada handphone Android atau Anda lupa akan kata sandi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode → lakukan Factory Reset / Wipe data. Sekarang yang menjadi masalah adalah banyak orang yang tidak mengetahui cara masuk recovery mode handphone/tablet Android miliknya, karena caranya berbeda-beda.

Sekian artikel dari Lare Tnahbaya tentang Tutorial Cara Memperbaiki Android Yang Boot Loop Atau Reset Ulangk semoga bermanfaat, kunjungi juga artikel tentang custom rom hyperion 8 build 2 samsung galaxy Y